Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Objek dalam penelitian ini adalah guru MTS Negeri Samarinda dan siswi kelas VIII.6 MTS Negeri Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif untuk mengetahui bentuk implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTS Negeri Samarinda. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTS Negeri Samarinda berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dari pengamatan peneliti selama proses pembelajaran berlangsung, dimana kemampuan peserta didik dalam membaca teks qira’ah secara keseluruhan sudah cukup baik dan didasarkan pada pengamatan peneliti dimana saat peserta didik diminta membaca mereka mampu membacanya meski terdapat satu atau dua kata yang terbata-bata.
Copyrights © 2022