Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 22 Jeppe’e. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran course review horay (variabel bebas), dan hasil belajar IPS (variabel terikat). Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 22 Jeppe’e berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampel jenuh yaitu kelas VA untuk kelas eksperimen dan kelas VB untuk kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes pilihan ganda. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaiu uji inferensial menggunakan Independent Sampel T-test. Berdasarkan hasil statistik inferensial menunjukkan thitung sebesar 2.044 dibandingkan dengan ttable pada taraf signifikan 5% diperoleh ttable 1.67528. Maka thitung memiliki nilai lebih besar dari pada ttable (2.044) > ttable (1.67528), dan nilai signifikan 0,04 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 22 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Copyrights © 2023