Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan perilaku kesopanan siswa kelas tinggi SD Negeri 222 Manajeng Kecamatan Sibulue. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 222 Manajeng sedangkan jumlah sampel pada penelitian ini adalah 41 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil statistik deskriptif diperoleh kecerdasan interpersonal siswa memiliki rata-rata 62,57 dan persentase 80,22% dengan kategori sangat tinggi sedangkan perilaku kesopanan siswa memiliki rata-rata 81,95 dan persentase 85,37% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh sebesar 0,828 dan dengan signifikansi 5% sebesar 0,316 sehingga yang berarti terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan perilaku kesopanan siswa kelas tinggi SD Negeri 222 Manajeng Kecamatan Sibulue. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan interpersonal dengan perilaku kesopanan siswa kelas tinggi SD Negeri 222 Manajeng Kecamatan Sibulue.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023