Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 2, Nomor 1, Maret 2022

Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Siswa di SMK Handayani Makassar

Yulianti Yulianti (Universitas Negeri Makassar)
Andi Agustang (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial terhadap perilaku siswa di SMK Handayani Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan yang menunjukkan adanya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Responden dalam penelitian ini melibatkan 64 orang peserta didik yang terdiri dari 30 orang siswa kelas X TKJ 1, 12 siswa dari X TKJ 2dan 20 orang siswa dari X TKR. peneliti sampel menggunakan teknik sampel jenuh, dimana dapat menggunakan sampel dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi , dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif serta teknik analisis data inferensial menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat hubungan antara media sosial dengan perilaku siswa di SMK Handayani Makassar sebesar 0,400 atau berada pada kategori hubungan yang rendah. hasil berdasarkan uji koefisien korelasi determinasi (r2 ) sebesar 14,6%. Yang berarti dapat dikatakan bahwa 14,6 persen perilaku siswa dipengaruhi oleh media sosial. Sedangkan sisanya 85,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Adapun pengaruh media sosial terhadap perilaku siswa di SMK Handayani Makassar berdasarkan hasil perhitungan uji t (parsial) ditemukan bahwa media sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku siswa di SMK Handayani Makassar, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis regresi linier sederhana yaitu diperoleh hasil f hitung > f tabel yaitu 18,708 > 4,08 maka H o di tolak dan H a diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Siswa di SMK Handayani Makassar.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...