Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 6, No 01 (2023): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

EFEKTIVITAS MANAJEMEN DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Hadi Ahmad Bukhori (STAI Darul Falah)
Ibnu Imam Al Ayyubi (STAI Darul Falah)
Rifqi Rohmatulloh (STAI Darul Falah)
Saepulloh Saepulloh (STAI Darul Falah)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2023

Abstract

Manajemen kelas lebih dikenal dengan pengelolaan kelas yang dapat mengorganisasikan segala sumber daya kelas agar terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien. Pendidik dituntut agar kreatif dan inovatif dalam menerapkan model pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. Metode Mind Mapping dapat dijadikan sebagai upaya efektif untuk mengatasi persoalan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar yang dianalisis melalui analisis deskriptif dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ini dibuktikan dengan meningkatnya rata- rata hasil belajar siswa dari 57,5 menjadi 74,2 dan ketuntasan klasikal yang telah dicapai oleh siswa juga meningkat dari 41,3% menjadi 79,3% dengan total 23 siswa yang nilainnya mencapai KKM, sedangkan pada penilaian siklus I hanya 12 siswa yang nilainya mencapai KKM. Dari hasil rekapitulasi mencapai KKM dan presentase ketuntasan klasikal hasil belajar berkategori baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...