Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 1 (2023): January-March

Living Values Education Program Untuk Meningkatkan Karakter Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran PPKN

Sunarno Sunarno (STKIP PGRI Trenggalek)
Bahrul Sri Rukmini (STKIP PGRI Trenggalek)
Ari Metalin Ika Puspita (STKIP PGRI Trenggalek)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Pendidikan karakter penting diberikan sejak dini untuk menanamkan karakter dan nilai-nilai yang positif. Salah satu karakter yang perlu dimiliki siswa adalah karakter nasionalisme karena maraknya kasus dekstruktif dalam konteks kebangsaan.  Hal tersebut tidak mudah dilakukan, apalagi dengan pembelajaran yang monoton. Permasalahan-permasalahan tersebut memaksa guru untuk segera melakukan inovasi pembelajaran, khususnya terkait penanaman nilai-nilai karakter nasionalisme. Salah satu teknik yang dapat diterapkan adalah dengan menerapkan Living Values Education Program (LVEP). LVEP merupakan sebuah program pendidikan nilai yang menghadirkan berbagai pengalaman dan metode praktis  bagi guru dan fasilitator untuk membantu anak-anak dan remaja mengeksplorasi dan mengembangkan nilai-nilai penting personal dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap karakter nasionalisme siswa sekolah dasar dalam pembelajaran PPKn. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi˗eksperiment. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan paired sample t-test. Hasil analisis uji beda nilai pretest dan posttest penerapan LVEP menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan karakter nasionalisme siswa. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh LVEP terhadap karakter nasionalisme siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini mendukung penelitian-penelitian LVEP sebelumnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...