Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2021): Juli

Optimalisasi Pembelajaran Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Melalui Penggunaan Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs. AL-Istiqomah Telagawaru

Priyo Hartanto (Universitas Mataram)
Jami’atul Aulia (Universitas Mataram)
Wahyu Bintang Ilahi (Universitas Mataram)
Jamaluddin Jamaluddin (Universitas Mataram)
Abdul Syukur (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Video pembelajaran adalah media yang dibutuhkan pada proses belajar khususnya pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menilai optimalisasi pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia berbasis video dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Sampling Jenuh sebagai tehnik penentuan sampelnya, yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Materi sistem pencernaan manusia adalah salah satu materi yang bersifat abstrak sehingga sulit dipahami oleh siswa. Video pembelajaran memiliki keunggulan untuk manampilkan materi yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit, sehingga dibutuhkan pengotimalan pembelajaran pada materi tersebut dengan penggunaan video pembelajaran. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dalam bentuk skala Likert.Hasil analisis angket minat belajar peserta didik menujukkan bahwa minat belajar peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan nilai rata-rata keempat indikator minat belajar yang di ukur, yang terdiri dari perasaan senang (94%), perhatian (98%), ketertarikan (92%) dan keterlibatan peserta didik  (97%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia sangat baik terhadap minat belajar peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...