Pancasila menjadi pedoman hidup bagi masyarakat Indonesia, maka sudah seharusnya nilai-nilai ideology pancasila ditanamkan sejak dini yang dapat dilakukan melalui penyelenggaraan pendidikan. Hanya saja, penyelenggaraan pendidikan saat ini dilakukan secara daring yang mana sedikit banyaknya menghambat penyelengaraan pendidikan itu sendiri. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membahas dan memahami mengenai urgensi penanaman nilai-nilai ideologi pancasila pada anak sekolah dasar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana teori pembahasan yang terkandung di dalamnya diperoleh dari berbagai sumber yang relevan seperti artikel jurnal ilmiah. Hasil dari penelitian ini bahwa saat ini masih banyak anak yang berperilaku tidak sesuai dengan nilai-nilai ideologi pancasila. Maka dari itu, penanaman nilai-nilai pancasila perlu ditekankan lebih optimal dan dilakukan dengan memberikan pengalaman langsung yang bermakna meskipun di masa pandemic covid-19 ini banyak tantangan dan hambatan. Banyak cara yang dapat dijadikan upaya pemberian pengalaman langsung mengenai penanaman nilai-nilai pancasila selama pandemic covid-19 pada anak sekolah dasar. Sehingga hal tersebut menunjukkan guru juga harus mampu kreatif dan fleksibel dalam penyesuaian bentuk penanaman nilai-nilai ideology pancasila tersebut.
Copyrights © 2021