Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 6 No. 2 (2022): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA TERHADAP E-LEARNING MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Nasar, Adrianus (Unknown)
Ika, Yasinta Embu (Unknown)
Haji Daud, Maimunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persespsi mahasiswa program studi pendidikan fisika terhadap e-learning menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Data dikumpulkan melalui survey berbasis google form dengan menggunakan instrument sebanyak 15 butir. Sampel penelitian berjumlah 43 mahasiswa program studi Pendidikan Fisika yang diperoleh dengan random sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan persamaan regresi linear dengan bantuan platform SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan perceived ease of use e-learning terhadap perceived usefulness (Y = 0,858 + 0,754X; sig.= 0.000); (2) ada pengaruh positif dan signifikan perceived ease of use terhadap attitude toward to use e-learning (Y = 0,761 + 0,712X; sig.= 0.000) (3) ada pengaruh positif dan signifikan perceived usefulness terhadap attitude toward to use e-learning (Y = 0,658 + 0,730X; sig.= 0.000); (4) ada pengaruh positif  dan signifikan perceived usefulness terhadap behavioural intention to use e-learning (Y = 0,0,040 + 0,950X; sig.= 0.000); dan (5) ada pengaruh positif dan signifikan attitude toward to use terhadap behavioural intention to use e-learning (Y = 0,668+ 0,817X; sig.= 0.000 pada mahasiswa program studi Pendidikan Fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...