Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 6, No 1 (2023): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Poster Berbasis Teknologi

Ferdi Kurniawan (Unknown)
Fitriyani Nurkhotijah (Unknown)
Hafidlotul Ummah (Unknown)
Hanidya Rahmasari (Unknown)
Wahyono Wahyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan memanfaatkan teknologi untuk mengimplementasi pendidikan karakter siswa dasar. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi literatur. Teknik pengumpulan data yakni dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis data. Hasil penelitian dengan menggunakan media poster dalam pembelajaran siswa akan terbentuk pendidikan karakter dalam dirinya sendiri. Seiring perkembangan zaman, teknologi juga semakin canggih. Oleh karena itu peran pendidikan karakter sangat dibutuhkan agar siswa dapat memanfaatkan teknologi yang ada dengan bijak. Pendidikan karakter itu sendiri dapat divisualisasikan melalui media. Inovasi media yang digunakan untuk penguatan pendidikan karakter juga dapat memanfaatkan atau menyesuaikan dengan teknologi yang berkembang pada era modern. Salah satunya dengan media poster. Media poster dipilih sebagai bentuk pengembangan dari karakter siswa SD karena poster dianggap sebagai media yang efektif dan menarik. Terkadang siswa perlu melihat gambar visual untuk bisa memperkuat pemahaman mereka akan suatu materi. Simpulan dari hasil penelitian, di sinilah peran poster, yakni membantu para guru mempermudah materi yang bersifat abstrak, rumit dan belum dikenal oleh para siswa. Dengan menggunakan poster siswa SD akan lebih mudah untuk memahami tentang isi dari poster tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...