Borneo Journal of Islamic Education
Vol 1 No 1 (2021): Borneo Journal of Islamic Education, 1 (1), Mei 2021

Fenomena Ketidakpercayaan Diri Mahasiswa IAIN Samarinda Ketika Berbicara di Depan Umum

Hasanah, Naomi Ainun (Unknown)
Saugi, Wildan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2021

Abstract

Kecemasan Berbicara di depan khalayak tentu bukan merupakan suatu fenomena yang asing lagi, yang mana kita ketahui bahwasanya kecemasan tersebut pun merupakan salah satu kecemasan terbesar yang dialami setiap individu. Disamping itu, juga memberikan pengaruh yang negatif dalam segala aspek kehidupan individu, Diantaranya ialah faset akedemis. Hal tersebut juga berdampak pada ketidakpercayaan diri mahasiswa, banyak yang menganggap bahwa apa yang dibicarakan tidak akan didengar, takut akan ada yang mengejek, dan bahkan merasa bahwa mereka tidak cukup baik dalam berbicara di depan khalayak. Dalam Artikel ini, penulis menggunakan jenis penelitian studi Kasus. Adapun orientasi dari penelitian ini ialah untuk mencari tahu faktor- faktor yang memengaruhi kecemasan berbicara di depan khalayak serta dampaknya terhadap kepercayaan diri, khususnya mahasiswa. Subyek yang diambil dalam Penelitian ini ialah Mahasiswa/I IAIN Samarinda, Program Studi Pendidikan Islam. Berdasarkan hasil wawancara terkait, Faktor penyebab mahasiswa sering kali merasa cemas didominasi berdasarkan tiga faktor yakni, Pengalaman Individu, faktor Citra Individu dan faktor Perspektif Negatif, dan hal tersebut sangat berdampak terhadap kepercayaan diri mereka.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bjie

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Borneo Journal of Islamic Education (e-2775-6548) is the Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Islamic Education. The publication of an article in Borneo Journal of Islamic Education is ...