TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 3 (2022)

KEMAMPUAN MEMAHAMI ISTILAH ASING DI ERA PANDEMI COVID-19 SISWA SMP NEGERI 38 MAKASSAR

Nur Indah (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Saleh (Universitas Negeri Makassar)
Usman Usman (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami istilah Asing di era pandemi Covid-19 siswa SMP Negeri 38 Makassar yang diperoleh dari kemampuan siswa SMP Negeri 38 Makassar mengartikan istilah Asing di era pandemi Covid-19 dan kemampuan siswa SMP Negeri 38 Makassar menggunakan istilah Asing di era pandemi Covid-19 ke dalam kalimat. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Makassar sebanyak 3 kelas, sedangkan sampelnya sebanyak 48 siswa perwakilan dari kelas VIII A, B dan C. Data penelitian diperoleh dengan memberikan 2 jenis tes yaitu tes menjodohkan (Matching), dan tes membuat kalimat. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata keseluruhan hasil tes menjodohkan (Matching) sebesar 40,77 dan rata-rata keseluruhan hasil tes membuat kalimat sebesar 41,37. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 38 Makassar kurang mampu mengartikan istilah Asing di era pandemi Covid-19, didukung oleh rata-rata keseluruhan yaitu 40,77 yang berada dikategori penilaian kurang mampu, dan siswa SMP Negeri 38 Makassar cukup mampu menggunakan istilah Asing Covid-19 ke dalam kalimat, didukung oleh rata-rata keseluruhan yaitu 41,37 yang berada di kategori penilaian cukup mampu.Kata kunci: Kemampuan Memahami, Istilah Asing, Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

titikdua

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. TITIK DUA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia features research novelties and significance for scientific advancement in one of the fields of ...