GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling
Vol 12, No 1 (2022)

Pengaruh Performance Goal Orientation terhadap Perilaku Menyontek pada Mahasiswa

Bamba, Ancensius Tombo (Unknown)
Razak, Ahmad (Unknown)
Ridfah, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Menyontek adalah sebuah tindakan anomali moral yang kian merebak khususnya di kalangan mahasiswa, sehingga perlu untuk mengidentifikasi faktor yang memengaruhi perilaku menyontek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performance goal orientation terhadap perilaku menyontek. Penelitian dilakukan terhadap 643 mahasiswa di Kota Makassar berusia 17-26 tahun yang diperoleh melalui teknik cluster sampling. Penelitian ini menggunakan skala perilaku menyontek dan performance goal orientation yang hasilnya dianalisis dengan uji regresi linier sederhana mengunakan JASP 0.14.1. Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.401 yang berarti bahwa performance goal orientation mampu menjelaskan 40.1% variasi perilaku menyontek. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah .00 (p < .05) yang berarti bahwa performance goal orientation mampu menjadi prediktor yang signifikan terhadap perilaku menyontek. Temuan dalam penelitian ini berimplikasi pada perlunya mahasiswa menyadari pentingnya integritas akademik, serta memaknai proses pendidikan sebagai kesempatan untuk memperkaya diri melalui pendalaman materi, tidak hanya berorientasi pada hasil yang dapat menjebak pada perilaku menyontek.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

(E-ISSN 2442-7802) (P-ISSN 2088-9623) is a peer-reviewed scientific Open Access journal published by Universitas Muhammadiyah Metro collaboration with Association of Guidance and Counseling Indonesia (ABKIN). The scope besides Guidance and Counseling as well psychology and education. Published twice ...