Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari formulasi ideal dalam pembelajaran keterampilan berbicara melalui redesain metode Role Playing. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa redesain metode Role Playing efektif meningkatkan keterampilan berbicara. Keefektifan tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil pembelajaran dalam setiap pemberlakuan. Kemampuan unsur ketepatan lafal, intonasi, ketepatan sasaran, keberanian, kelancaran, kenyaringan, gerak gerik/mimik, diksi/pilihan kata, dan improvisasi, pada pemberlakuan I memperoleh persentase 70.67%, pada pemberlakuan II 80.55%, dan pemberlakuan III 89.81%. Sedangkan angket respon siswa menunjukkan persentase 74.69% siswa memberikan respon positif. Kesimpulannya bahwa redesain metode role playing efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara, khususnya pada siswa sekolah menengah atas (SMA).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022