Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2022: SPECIAL EDITION: LALONGET III

Redesain Metode Role Playing dalam Optimalisasi Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa SMA di Era Merdeka Belajar

Hardinata, Vanda (Unknown)
Warsiman (Unknown)
Abadi, Machrus (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari formulasi ideal dalam pembelajaran keterampilan berbicara melalui redesain metode Role Playing. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa redesain metode Role Playing efektif meningkatkan keterampilan berbicara. Keefektifan tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil pembelajaran dalam setiap pemberlakuan. Kemampuan unsur ketepatan lafal, intonasi, ketepatan sasaran, keberanian, kelancaran, kenyaringan, gerak gerik/mimik, diksi/pilihan kata, dan improvisasi, pada pemberlakuan I memperoleh persentase 70.67%, pada pemberlakuan II 80.55%, dan pemberlakuan III 89.81%. Sedangkan angket respon siswa menunjukkan persentase 74.69% siswa memberikan respon positif. Kesimpulannya bahwa redesain metode role playing efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara, khususnya pada siswa sekolah menengah atas (SMA).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...