Rahmatan Lil Alamin: Journal of Peace Education and Islamic Studies
Vol. 5 No. 2 (2022): Desember

Penggunaan Metode Pembelajaran Edutainment, Apakah Berhasil dalam Meningkatkan Hasil Belajar Agama Siswa di Sekolah Menengah Atas.?

Suci Humairoh (Universitas Nurul Jadid)
Yepi sedya purwananti (Universitas Bhineka PGRI Tulungagung)
Aliakbar Imani (Universiti Technologi Malaysia)
Abu Amar Bustomi (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Absrtak Penelitian ini menguji bagaimana penggunaan metode pembelajaran edutainment dapat membantu meningkatkan proses dan hasil belajar Agama siswa di kelas atas. Hal ini didasarkan pada masalah bahwa hasil belajar Agama siswa belum mencapai KKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan observasi langsung di kelas untuk melihat bagaimana siswa berinteraksi di kelas. Selama proses pembelajaran, siswa ditreatmen dengan metode edutainment dan diminta mengerjakan tes. Data dinalisis menggunakan teknis statistik, guna melihat apakah ada perbedaan hasil belajar siswa setelah ditretamen menggunaan metode edutainmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan edutainment berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hsil belajar siswa. Artinya, semakin efektif proses pengajaran, maka siswa akan belajar dengan lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRLA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Articles to be received and published in the RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES are included in the scope of: Education Science. The Islamic Education Science. Educational Psychology. Learning Psychology. Educational Philosophy. Islamic Educational Philosophy. Lesson ...