Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Model Blended Learning Berbasis Media Google Classroom

Lisa Ranti Mardiyanti (Universitas Tanjungpura)
Imran Imran (Universitas Tanjungpura)
Iwan Ramadhan (Universitas Tanjungpura)
Nuraini Asriati (Universitas Tanjungpura)
Riama Al Hidayah (Universitas Tanjungpura)
Suriyanisa Suriyanisa (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2023

Abstract

Adanya pembelajaran online yang kemudian menjadi pembelajaran tatap muka dengan waktu yang terbatas sehingga materi yang diberikan guru tidak maksimal dan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran model blended learning berbasis media google classroom pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS MA Islamiyah Pontianak. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menyatakan dalam perencanaan pembelajaran guru membuat RPP online dan offline materi Konflik, kekerasan dan perdamaian berdasarkan peraturan pemerintah. Dalam penerapan model blended learning berbasis media google classroom, guru melakukan kegiatan belajar mengajar secara online dan tatap muka yang sesuai dengan RPP, terdiri dari kegiatan awal, inti dan akhir. Model blended learning yang dilaksanakan selama 2 kali pertemuan diperoleh hasil belajar yang terdiri dari ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...