Penelitian ini berangkat dari permasalahan bahwa pentingnya pembentukan karakter terhadap peserta didik, terutama bila dikaitkan dengan hakikat manusia dan tujuan pendidikan Islam, maka pembentukan karakter menjadi sesuatu yang tidak bisa dikesampingkan dalam kehidupan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan usaha pembentukan karakter santri melalui integrasi pendidikan karakter ke dalam proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan budaya pondok/sekolah: Studi komparatif di pondok pesantren Darul Ulum Air Pacah dengan Perguruan Ar-Risalah Air Dingin Kecamatan Koto Tangah. Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) adapun pondok pesantren Darul Ulum Air Pacah adalah mengintegrasikan nilai karakter ke dalam proses pembelajaran melalui RPP dan Silabus saja. Sedangkan nilai-nilai karakter hanya sebagian yang diterapkan di pondok pesantren Darul Ulum Air Pacah yang berdasarkan Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional. Selanjutnya, di perguruan Islam Ar-Risalah Air Dingin usaha pembentukan karakter adalah mengintegrasikan nilai karakter tidak hanya yang ada dalam silabus dan RPP tapi juga mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam materi pelajaran yang sesuai dengan konteks. Karena kurikulum yang digunakan di perguruan Islam Ar-Risalah Air Dingin adalah kurikulum 2013. Nilai-nilai karakter yang diterapkan sudah berdasarkan Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional.
Copyrights © 2023