Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui: (i)aktivitas belajar IPA.(ii) hasil belajar IPA yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Children Learning In Sciencepada Siswa Kelas V UPT SDN 240 Pinrang. (iii) perbedaan hasil belajar IPA yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science pada Siswa Kelas V UPT SDN 240 Pinrang.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan12 siswa perempuan.Jenis penelitian ian adala penelitian tindakan kelas, dimana dalam prosesnya mengikuti siklus yang terdiri dari dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Data dianalisi menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian disimpulkan bahwa pada siklus I, untuk kategori sangat tinggi frekuensinya 6 siswa (28,57%), kategori tinggi frekuensinya 8 siswa (38,10%), kategori sedang frekuensinya 5 siswa (23,81%), kategori rendah frekuensinya 2 siswa (9,52%), dan kategori sangat redah frekuensinya 1 siswa (4,76%). Dari deskripsi tersebut maka rata-rata hasil belajar siswa kelas V berada dalam kategori tinggi sedangkan pada siklus II diperoleh distribusi frekuensi untuk kategori sangat tinggi frekuensinya 7 siswa (33,33%), kategori tinggi frekuensinya 12 siswa (57,14%), kategori sedang frekuensinya 1 siswa (4,76%), kategori rendah frekuensinya 1 siswa (4,76%), dan kategori sangat redah frekuensinya 1 siswa (4,76%). Dari deskripsi tersebut maka rata-rata hasil belajar siswa kelas V UPT SDN 240 Pinrang setelah dilakukan tindakan pada siklus II berada dalam kategori sangat tinggi.
Copyrights © 2022