Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 1 No 1 (2022): Januari 2022

Peningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science

Muhardi, Muhardi (Unknown)
Walid, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui: (i)aktivitas belajar IPA.(ii) hasil belajar IPA yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Children Learning In Sciencepada Siswa Kelas V UPT SDN 240 Pinrang. (iii) perbedaan hasil belajar IPA yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science pada Siswa Kelas V UPT SDN 240 Pinrang.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan12 siswa perempuan.Jenis penelitian ian adala penelitian tindakan kelas, dimana dalam prosesnya mengikuti siklus yang terdiri dari dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Data dianalisi menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil penelitian disimpulkan bahwa pada siklus I, untuk kategori sangat tinggi frekuensinya 6 siswa (28,57%), kategori tinggi frekuensinya 8 siswa (38,10%), kategori sedang frekuensinya 5 siswa (23,81%), kategori rendah frekuensinya 2 siswa (9,52%), dan kategori sangat redah frekuensinya 1 siswa (4,76%). Dari deskripsi tersebut maka rata-rata hasil belajar siswa kelas V berada dalam kategori tinggi sedangkan pada siklus II diperoleh distribusi frekuensi untuk kategori sangat tinggi frekuensinya 7 siswa (33,33%), kategori tinggi frekuensinya 12 siswa (57,14%), kategori sedang frekuensinya 1 siswa (4,76%), kategori rendah frekuensinya 1 siswa (4,76%), dan kategori sangat redah frekuensinya 1 siswa (4,76%). Dari deskripsi tersebut maka rata-rata hasil belajar siswa kelas V UPT SDN 240 Pinrang setelah dilakukan tindakan pada siklus II berada dalam kategori sangat tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...