Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2023): Volume 2 No 1

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN INKUIRI SISWA PADA BIDANG STUDI AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BALAI JAYA KABUPATEN ROKAN HILIR

Siregar, Maralottung (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kontekstual dengan pendekatan inkuiri siswa pada bidang studi Agama Islam di kelas VII SMP Negeri I Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir.   Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setelah dilakukannya pengolahan dan analisa terhadap hasil penelitian dikemukakan bahwa rata-rata nilai tes awal siswa sebesar 50,75 dengan persentase ketuntasan 37,50%. Setelah diterapkan siklus I rata-rata nilai post-tesI  siswa meningkat menjadi 52,00 dengan persentase ketuntasan 45,00%. Hasil post-tes II siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 87,25 dengan persentase ketuntasan 100,00%. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkat hasil belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam pada materi membiasakan  perilaku terpuji di kelas VII SMP Negeri 1 Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...