Journal Liaison Academia and Society
Vol 2, No 4 (2022): Desember 2022

Pelatihan Dan Peningkatan Literasi bagi Siswa di Pesantren Darussalam Guntur Batubara

Tarigan, Fatin Nadifa (Unknown)
Safrawali, Safrawali (Unknown)
Subiantoro, Nur (Unknown)
Hasibuan, Siti Aminah (Unknown)
Helman, Helman (Unknown)
Tanjung, Yulia Tiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Keterampilan literasi menjadi pilar penting untuk masa depan pendidikan. Untuk itu membangun budaya literasi perlu melibatkan peran aktif secara bersama-sama khususnya di lingkungan pendidikan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa di pesantren. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah berupa pelatihan atau training. Pelatihan literasi ditujukan kepada siswa-siswi Pesantren Darussalam Guntur Batubara yang terdiri dari siswa tingkat SMP. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yaitu dengan pelatihan membaca, pelatihan menulis, dan praktik. Dari hasil pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara, diketahui bahwa kegiatan pelatihan literasi memberi pengaruh positif terhadap kesadaran literasi bagi siswa khususnya di lingkungan pesantren. Dampak yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah meningkatnya motivasi membaca siswa dengan memanfaatkan pojok literasi, serta meningkatnya kemampuan membaca pemahaman dengan meringkas.Kata Kunci: pelatihan, peningkatan, literasi, pesantren

Copyrights © 2022