JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS
Vol. 1 No. 02 (2021): Februari

Pelatihan Pengembangan Pemasaran Secara Daring Pada Budidaya Ikan Koi Blitar

Harliana Harliana (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia)
Roby Setiadi (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia)
Otong Saeful Bachri (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia)
Khalid Iskandar (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia)
Gian Fitralisma (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia)
Raden Mohamad Herdian Bhakti (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2021

Abstract

Mubin Koi merupakan salah satu pembudidaya Ikan koi Blitar yang membudidayakan jenis koi kontes dan koi peternak. Sejak pandemic covid-19, penjualan koi mengalami penurunan drastis. Berbagai promosi yang telah dilakukan baik melalui media social ataupun offline masih dirasakan stagnan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka pada kegiatan pengabdian ini, kami mencoba untuk membantu Mubin Koi dalam menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan melalui proses segmentation, targeting dan positioning terhadap jenis koi yang dimiliki Mubin Koi. Selama kurun waktu 1 bulan kegiatan, dihasilkan bahwa segementasi pasar jenis kontes lebih ditujukan ke kota-kota besar karena tergetting dari segementasi ini adalah para pecinta ikan hias, sedangkan untuk koi peternak, target dari segmentasi pasarnya adalah daerah dengan jumlah pembudidaya ikan koi yang besar. Selain itu dilakukan pula pelatihan pembuatan catalog terhadap admin untuk mendukung segmentasi secara online.

Copyrights © 2021