Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Vol 10 No 1 (2022): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan

TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MANAJEMEN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR

Rizqiyana (Unknown)
Muhammad Ghozali (Unknown)
Rahayu Apridayanti (Unknown)
Jamlan Perdana Harahap (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknologi informasi dalam manajemen sekolah di SD Islam YMI Wonopringgo 01 Pekalongan. Objek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah dan pendidik SD Islam YMI Wonopringgo 01 Pekalongan. Fokus penelitian ini diuraikan menjadi beberapa rumusan masalah penelitian, yakni (1) penerapan teknologi informasi dan (2) pentingnya teknologi informasi dalam manajemen sekolah. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa SD Islam YMI Wonopringgo 01 Pekalongan sebagai lembaga pendidikan tingkat dasar telah memiliki laboratorium serta peralatan komputer yang cukup memadai. Beberapa pemanfaatan teknologi sudah dilakukan oleh sekolah. Penerapan teknologi informasi dalam manajemen sekolah di SD Islam YMI Wonopringgo 01 Pekalongan, yakni pembelajaran berbasis computer, E-Learning, aplikasi basedata, E-Rapor, FingerPrint, PPDB Online, Sistem Keuangan Sekolah, dan Webinar. Meningkatnya teknologi di era globalisasi yang serba modern ini pada akhirnya teknologi memegang peran yang penting dalam pendidikan, untuk membuat pendidikan semakin berkembang, bahkan lebih maju. Pun tidak lupa membuat proses dalam pendidikan itu menjadi lebih mudah dan efisien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Edutainment

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan menerima artikel ilmiah hasil penelitian tentang ilmu pendidikan dan kependidikan Berbahasa Indonesia atau Inggris. Kontributor meliputi dosen, guru, dan praktisi ...