Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) motivasi siswa; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa; dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi belajar siswa terdiri dari mengejar prestasi, melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, orang tua yang mendukung pendidikan di pesantren, dan guru yang selalu mendorong siswa agar semangat belajar; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah siswa yang lebih bersemangat melakukan kegiatan di luar kelas, kurang fokus pada pelajaran, lingkungan teman belajar yang kurang mendukung, tidak melaksanakan jam wajib sekolah, dan tidak disiplin dalam menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler; Tiga upaya untuk mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah: melakukan pembinaan melalui penjaga ruangan bagi siswa pada umumnya dan siswa yang bermasalah pada khususnya; menjaga kualitas tidur; mendampingi kegiatan belajar mandiri; penjadwalan dan pengawasan berjenjang; dan pengumpulan data jadwal kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka penentuan waktu kegiatan siswa.Kata Kunci: hirarki kebutuhan Abraham H. Maslow; pondok pesantren; motivasiAbstract: This research aims to find: (1) the motivation of the students; (2) the factors that influence students' learning motivation; and (3) efforts being made to overcome the factors that affect the students’ motivation to learn. This research is qualitative with a case study approach. By using the purposive sampling technique and snowball sampling. The results show: (1) student learning motivation consists of pursuing achievement, continuing higher education levels, parents who support education in boarding schools, and teachers who always encourage students to be enthusiastic about learning; (2) the factors that influence learning motivation are students who are more enthusiastic about doing activities outside the classroom, less focused on lessons, a less supportive friend environment for learning, not implementing compulsory school hours, and not being disciplined in organizing extracurricular activities; Three efforts to overcome the factors that influence learning motivation are: conducting coaching through room guardians for students in general and students with problems in particular; maintaining sleep quality; accompanying independent study activities; tiered scheduling and supervision; and collecting data on extracurricular activity schedules in the context of timing student activities.Keywords: Abraham H. Maslow’s hierarchy of needs; Islamic boarding school; motivation
Copyrights © 2023