Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
Vol 7, No 1 (2023): Januari

Pengaruh disiplin belajar dan metode e-learning terhadap prestasi belajar siswa SMKN 1 Wonogiri selama pandemi

Bunga Indrahayu Serena (Sebelas Maret University)
Tri Murwaningsih (Sebelas Maret University)
Muhammad Choerul Umam (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2023

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP di SMKN 1 Wonogiri; 2) pengaruh metode pembelajaran daring terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP di SMKN 1 Wonogiri; dan 3) pengaruh disiplin belajar dan metode pembelajaran daring terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP di SMKN 1 Wonogiri. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yang disebut sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa X OTKP yang berjumlah 72 siswa. Kuesioner dan analisis dokumen digunakan untuk memperoleh data. Analisis regresi linier berganda dengan prosedur prasyarat digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar (thitung 2,652 > ttabel 1,667); 2) Terdapat pengaruh metode pembelajaran daring terhadap prestasi belajar (thitung 2,003 > ttabel 1,667); dan 3) Terdapat pengaruh kedisiplinan belajar dan metode pembelajaran daring terhadap prestasi belajar (thitung 8,416 > ttabel 3,13).Kata Kunci: covid-19; prestasi belajar; disiplin belajar; kuantitatifAbstract: The purpose of this research was to determine: 1) the effect of discipline on the learning achievement of archival subjects in X OTKP at SMKN 1 Wonogiri; 2) the effect of online learning methods on the learning achievement of archival subjects in X OTKP at SMKN 1 Wonogiri; and 3) the influence of learning discipline and online learning methods toward the learning achievement of archival subjects in X OTKP at SMKN 1 Wonogiri. This research is quantitative with a correlational approach. This research used a sampling technique called saturated sampling. The population of this research is all students of X OTKP, consisting of 72 students. Questionnaires and document analysis were used to obtain the data. Multiple linear regression analysis with precondition procedures is used to analyze the data. The results showed that: 1) There is an effect of learning discipline toward learning achievement (tstatistic 2.652 > ttable 1.667); 2) There is an effect of online learning methods toward learning achievement (tstatistic 2.003 > ttable 1.667); and 3) There is an effect of disciplined learning and online learning methods toward learning achievement (tstatistic 8.416 > ttable 3.13). Keywords: covid-19; learning achievement; learning discipline; quantitative

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan ...