Borneo Journal of Language and Education
Vol 2 No 1 (2022): Borneo Journal of Language and Education, Vol.2 (No.1), April 2022

Implementasi Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas X di MAN 1 Kudus

Khasanah, Fitrotul (Unknown)
Annas, Azwar (Unknown)
Muthmainnah, Muthmainnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab. 2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab siswa kelas X di MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 M. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fakta dan menganalisis data yang ada. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan validasi datanya dilakukan melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi data, dengan menggunakan metode analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab dapat diterapkan dengan baik dan efektif dalam proses pembelajaran. Penerapan metode ini diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan diakhiridengan evaluasi. 2) Kelebihan penerapan metode bernyanyi ini yaitu dapat membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab dengan tanpa menghafal sekaligus mampu meningkatkan semangat belajar siswa, sedangkan kekurangannya yaitu membutuhkan banyak waktu, menjadikan pengetahuan bersifat teoritis, tidak cocok digunakan dikelas yang besar dengan jumlah siswa banyakkarena dapat mengganggu ketenangan kelas lain, kurang efektif diterapkan bagi siswa yang pendiam dan tidak suka bernyanyi. 3) Faktor pendukungnya yaitu sikap mental dan kemampuan guru dalam memilih serta menerapkan metode pembelajaran kemampuan dan bakat yang dimiliki oleh guru dan siswa, serta media pembelajaran yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya yaitu guru harus meluangkan waktunya untuk menyiapkan penerapan metode bernyanyi dengan baik, guru harusmengikuti perkembangan jenis lagu yang disukai siswa, guru harus memiliki kemampuan untuk mengaransemen nada dan memilih kosakata yang dijadikan sebagai lirik lagu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bjle

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Teaching Arabic and English as a Foreign Language Arabic and English Linguistic Arabic and English Literature Arabic and English History History of Arabic and English Education Strategy of Arabic and English Teaching Arabic and English Islamic Culture Media of Arabic and English Teaching Technology ...