JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengaruh Layanan Informasi Karier terhadap Kemampuan Merencanakan Studi Lanjut Siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi

Ajeng Dwi Saputri (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Nelyahardi Gutji (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Affan Yusra (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX dengan jumlah sampel 70 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan wawancara. Teknik yang digunakan adalah dengan cara menyebarkan angket kemudian dianalisis dengan uji asumsi menggunakan SPSS, persentase formula C, dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi karier terhadap kemamapuan merencanakan studi lanjut siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi yang diperoleh dengan cara penyebaran angket kepada 70 siswa berada pada tingkatan Tinggi dengan persentase 65%, kemampuan merencanakan studi lanjut di SMP Negeri 22 Kota Jambi berada pada tingkat tinggi dengan persentase 74%. Berdasarkan tabel pada kolom R besaran koefisien korelasi atau hubungan sebesar 0,609 dan dalam R square besaran koefisien determinasi 0,370 yang diartikan variabel layanan informasi karier memberikan pengaruh terhadap kemampuan merencanakan studi lanjut sebesar 0,37%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...