JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Persepsi Siswa terhadap Layanan Informasi Karier di SMA Adhyaksa Kota Jambi

Annisa Awaliyah Yolandani (Program Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi)
Nelyahardi Gutji (Program Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi)
Freddi Sarman (Program Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Layanan informasi merupakan salah satu layanan BK yang dibutuhkan dalam menyampaikan berbagai informasi yang berguna bagi siswa salah satunya adalah tentang karier. Tetapi dalam pengaplikasiannya masih banyak hambatan-hambatan seperti siswa kurang paham dengan materi layanan informasi yang diberikan guru BK, siswa takut bertukar pendapat dengan guru BK, serta kurangnya minat siswa dalam mendengarkan layanan informasi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan seperti apa persepsi siswa terhadap layanan informasi karier yang di berikan oleh guru BK di SMA Adhyaksa Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, serta yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 147 siswa dan yang menjadi sampel yaitu 60 siswa dengan teknik random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian tentang persepi siswa terhadap layanan informasi karier di diperoleh melalui penyebaran angket kepada 60 siswa berada pada tingkat “tinggi” dengan persentase 71,2%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...