Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol 4, No 1 (2023): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

Analisis Kendala Siswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Lohbener

Idah Hamidah (Universitas Wiralodra)
Anilia Ratnasari (Universitas Wiralodra)
Tri Ratna Dewi (Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Selama masa pandemi pembelajaran dilakukan secara daring. Namun dengan menurunnya angka pasien covid, pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggambarkan kendala siswa dalam pemeblaaran tatap muka setelah pandemipada materi ekosisitem. Metode peneleitiannya yaitu kualitatif deskriptif. Sumber penelitian dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer melitputi data hasil pengisian angket, wawancara dan sumber data skunder berupa data dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu indikator dengan presentase terbesar 18,26 % pada indicator siswa tidak mampu menguasai materi ekosistem, 17,3% pada indkator siswa tidak mencapai prestasi belajar, 17,2 % pada pembelajaran dibatasi pada materi ekosistem, dan 15,38 %pada indicator menurunya motivasi belajar siswa. Dengan demikian siswa mengalami kendala belajar pada saat pembelajaran tatap muka setalah pandemi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

spizaetus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Other

Description

Jurnal ini fokus pada bidang kajian biologi sains dan pendidikan biologi. Kami menerima artikel berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang original dan belum pernah ...