Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan dan pengetahuan guru dalam menerapkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi, kendala dan upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan media tersebut. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen penelitian berupa angket digital serta teknik pengumpulan data berupa angket. Partisipan dari penelitian ini yaitu guru-guru di SD/MI Kabupaten Langkat. Dengan jumlah responden secara umum yaitu sekitar 65 guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Komponen-komponen analisis data model interaktif menurut Miles dan Huberman diantaranya yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian ini menggambarkan guru-guru sudah mampu menerapkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Guru sudah terampil dalam memanfaatkan sarana teknologi dan mengembangkan materi menjadi produk media berbasis teknologi informasi yang menarik, dan mudah diaplikasikan dalam pembelajaran. Simpulan penelitian ini yaitu kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi sudah cukup baik. Namun masih diperlukan banyak bimbingan dalam mencari media dan sumber belajar dari internet. Disarankan untuk pihak sekolah agar lebih meningkatkan lagi pengadaan bimbingan mengenai teknologi informasi bisa melalui pelatihan/workshop, seminar, bahkan lokakarya, sehingga beberapa kendala dalam pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran dapat diatasi.
Copyrights © 2022