SMK Negeri 2 Sawahlunto memiliki sarana fasilitas workshop yang relatif memadai untuk menunjang proses belajar mengajar. tapi terdapat beberapa faktor yg mensugesti hasil belajar peserta didik diantaranya beberapa mesin perkakas yang rusak, kurangnya mesin perkakas pada workshop, tidak pedulinya peserta didik terhadap keselamatan mesin dan kurang tegasnya pengajar dalam mengajari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak fasilitas workshop pada hasil belajar siswa di pembelajaran teknik mesin bubut kelas XI pada SMK Negeri 2 sawahlunto. Penelitian memakai metode ex post facto pendekatan jenis kuantitatif untuk mencari hubungan variabel yang sudah terjalin serta tidak membagikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Variabel di penelitian ini (fasilitas workshop X) serta (hasil belajar Y). Populasi pada penelitian merupakan siswa kelas XI yang berjulah 49 peserta didik. Teknik mengumpulkan data memakai angket serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Pengujian persyaratan pada research berupa uji normalitas serta linieritas sedangkan pengujian hipotesis memakai analisis regresi. hasil penelitian ini fasilitas workshop terdapat berpengaruh positif serta signifikansi pada hasil belajar yang ditunjukkan bernilai rhitung sebanyak 0,404 serta persamaan regresi Y= 64,512 + 0,240X. Jadi hasilnya, terdapat kenaikan nilai pada variabel hasil pembelajaran siswa bertotal 0,240 untuk setiap kenaikan skor pada variabel fasilitas workshop.
Copyrights © 2023