JURNAL INOVASI PENDIDIKAN MATEMATIKA (JIPM)
Vol. 4 No. 2 (2022): JIPM

Pengembangan E-Modul Berbasis Matematika Realistik Guna Menstimulasi Berpikir Kreatif Pada Siswa

Rastika Intan Nastiti (Teacher)
Wharyanti Ika Purwaningsih (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Prasetyo Budi Darmono (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul matematika realistik untuk menstimulasi berpikir kreatif pada siswa SMP. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui e-modul matematika berbasis realistik dilihat dari tiga kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon siswa, dan soal tes. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, kemudian dianalisis dari kelayakan e-modul, dengan skor rata-rata 3,57 memenuhi kriteria valid. Hasil uji kepraktisan mendapatkan nilai rata-rata 3,28 dengan persentase 82% memenuhi kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji efektivitas diperoleh persentase 87% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis matematika realistik yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat menstimulasi berpikir kreatif pada siswa SMP.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aims of this journal are to publish research in mathematics education innovations including: teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, experimental research, classroom action research, ...