Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul matematika realistik untuk menstimulasi berpikir kreatif pada siswa SMP. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui e-modul matematika berbasis realistik dilihat dari tiga kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon siswa, dan soal tes. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, kemudian dianalisis dari kelayakan e-modul, dengan skor rata-rata 3,57 memenuhi kriteria valid. Hasil uji kepraktisan mendapatkan nilai rata-rata 3,28 dengan persentase 82% memenuhi kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji efektivitas diperoleh persentase 87% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis matematika realistik yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat menstimulasi berpikir kreatif pada siswa SMP.
Copyrights © 2022