Equity in Education Journal (EEJ)
Vol. 5 No. 1 (2023): Edisi Maret 2023

SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Eny Purwaningsih (Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia)
Kunzita Najwa (Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia)
Nor Nahidah (Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia)
Ahmad Hariyadi (Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia)
Su'ad (Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2023

Abstract

Supervisi merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki dan dilaksanakan oleh kepala sekolah. Kegiatan supervisi akademik bertujuan untuk membantu guru dalam meningkatkan kompetensinya, terutama kompetensi paedagogi dan kompetensi professional. Apabila antara kepala sekolah dan guru sama-sama memahami fungsi supervisi, maka masalah pendidikan lebih mudah terpecahkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru melalui: (1) Program supervisi akademik, (2) Pelaksanaan Supervisi akademik, dan (3) Evaluasi pelaksanaan supervisi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru SD 1 Barongan. Hasil penelitian yang ditemukan adalah: kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru SD 1 Barongan cukup efektif melalui penyusunan program supervisi, pelaksanaan supervisi, evaluasi pelaksanaan supervisi, dan tindak lanjut yang dilaksanakan melalui pendekatan kolaboratif dengan pendekatan rapat dan kunjungan kelas. Dari hasil penelitian diharapkan kepala sekolah menambah frekuensi supervisi akademik untuk lebih mengoptimalkan peningkatan kinerja guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eej

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Equity in Education Journal (EEJ) is and Open Access national journal that publishes articles focusing on Education Management, Educational Leadership, Educational Supervision and Education Policy that are able to make a positive contribution to improving the quality of schools and/or educational ...