UNESA Journal of Chemical Education
Vol. 11 No. 1 (2022)

PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING VIRTUAL LABORATORY DENGAN KEMAMPUAN SCIENTIFIC WRITING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

Saija, Maryone (Unknown)
Beay, Lazarus Kalvein (Unknown)
Widyasari, Ayu Ningrum (Unknown)
Wonmaly, Windy (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Pembelajaran kimia melibatkan siswa dalam praktik sains di dalam kelas maupun laboratorium. Pembelajaran online telah menjadi kebutuhan dunia pendidikan sejak pandemi Covid melanda dunia. Praktikum virtual dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan melihat efektivitas pembelajaran problem solving virtual laboratory dengan scientific writing untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Desain penelitian adalah quasi experiment pretest-postest control group. Sampel penelitian adalah 140 siswa kelas XI SMA Negeri di Indonesia. 70 siswa di kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran problem solving virtual laboratory dengan scientific writing; dan 70 siswa di kelompok kontrol dengan pembelajaran tanpa eksperimen virtual. Instrumen penelitian adalah tes literasi sains dengan 7 item yang telah divalidasi dan nilai reliabilitas Alpha Cronbach’s sebesar 0.869. Data dianalisis dengan ANCOVA, karena data penelitian terdistribusi normal dan homogen.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving virtual laboratory dengan scientific writing berhasil meningkatkan kemampuan literasi sains siswa secara signifikan dengan nilai efek size sebesar 0.748. Analisis deskriptif hasil post-test memperlihatkan bahwa jumlah siswa yang mencapai level tinggi pada kelas eksperimen (54.29%) lebih banyak bila dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol (19.41%). Implikasi penelitian ini adalah pembelajaran kimia perlu mengintegrasikan eksperimen virtual dan melatih kemampuan scientific writing untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal-of-chemical-education

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Other

Description

UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of ...