JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01

Dewi Widiastutik (Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang)
Khusnul Fajriyah (Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang)
Veryliana Purnamasari (Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang)
Susilo Raharjo (SDN Tlogosari Kulon 01)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2023

Abstract

Hasil belajar siswa yang kurang maksimal pada pembelajaran tema menjadi latarbelakang penelitian ini. Penelitian ini menggunakan model PjBL untuk mengkaji bagaimana peningkatan hasil belajar dan partisipasi siswa pada tema 5 subtema 3. Penelitian ini merupakan penelitian PTK yang berlangsung selama dua siklus. Langkah-langkah dalam proyek penelitian tindakan di kelas memerlukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan refleksi Kelas V menjadi subjek penelitian di SDN Tlogosari Kulon 01 semester ganjil tahun akademik 2022–2023. Jumlah keseluruhan di kelas V adalah 28 orang, termasuk 12 murid dari laki-laki dan 16 dari perempuan. Informasi hasil belajar siswa dari siklus I sampai II disajikan menggunakan tabel dan diagram batang. Temuan penelitian menunjukkan hasil yang maksimal dengan rata-rata 81,8 dan 26 siswa (92,9%) menyelesaikan Siklus II, pendekatan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Jadi, dapat dikatakan paradigma pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...