JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengaruh Implementasi Model Picture And Picture terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Siney

Muchdar Muchdar (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Tadulako)
Arif Firmansyah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui Apakah Terdapat Pengaruh Penerapan Model Picture and Picture terhadap Hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Siney. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Subyek pada Penelitian ini yaitu Siswa kelas IV SDN Siney yang berjumlah 24 orang, terdiri dari kelas IVa dan IVb. Siswa IVa sebagai kelas eksperimen berjumlah 12 orang dan Siswa IVb sebagai kelas kontrol juga berjumlah 12 orang. Pengambilan data yang digunakan menggunakan instrumen penelitian berupa Tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test berbantuan program SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,000 < 0,05 Maka menerima Hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya Model Picture and picture berpengaruh terhadap Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Siney.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...