Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memahami (1) pengaruh secara langsung kecerdasan emosional pada pengelolaan stres kerja guru (2) pengaruh langsung perilaku kepemimpinan kepala sekolah pada pengelolaan stres kerja guru (3) pengaruh langsung iklim kerja pada pengelolaan stres kerja guru (4) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap iklim kerja (5) pengaruh langsung perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap iklim kerja. Kajian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei serta tehnik analisa jalur (path analysis). Hasil kajian menunjukkkan jika (1) kecerdasan emosional memberi pengaruh langsung positif serta signifikan pada pengelolaan stress kerja guru SD Negeri (2) perilaku kepemimpinan kepala sekolah memberi pengaruh langsung positif serta signifikan pada pengelolaan stress kerja guru SD Negeri (3) iklim kerja memberi pengaruh langsung positif serta signifikan pada pengelolaan stress kerja guru SD Negeri (4) kecerdasan emosional memberi pengaruh langsung positif serta signifikan pada iklim kerja pada SD Negeri serta (5) Perilaku kepemimpinan kepala sekolah memberi pengaruh langsung positif serta signifikan pada iklim kerja di SD Negeri. Para penulis menyarankan supaya dijalankan usaha yang maksimal untuk mengendalikan pengaruh stres kerja yang dialami oleh guru dan perlu dijalankan pengembangan kajian lebih lanjut guna memahami variabel lainnya yang memberi pengaruh pengelolaan stres kerja guru serta dampaknya pada siswa.
Copyrights © 2023