Kegiatan pembelajaran yang baik berawal dari kesiapan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran secara kolaboratif antar guru dalam kegiatan Lesson Study, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) berbasis Lesson Study yang terdiri dari rangkaian kegiatan Plan, Do, dan See. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023 kelas 7.7 SMPN 6 kota Palangka Raya. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, LKPD dan Penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid oleh validator dan observer dengan rata-rata nilai kevalidan 3,56 kategori valid. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan efektif berdasarkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata postest 80,17, respon positif dari guru rata-rata skor 81,25 dan respon siswa dengan rata-rata skor 82,33 menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran praktis untuk digunakan. Kegiatan Lesson Study meningkatkan keterampilan kolaborasi guru dalam menyampaikan pendapat, memperhatikan guru lain, merespon guru lain dengan rata-rata skor 84,33 kriteria baik. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat diterapkan dalam pembelajaran karena memiliki kategori valid, efektif, dan praktis.
Copyrights © 2023