Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 1 (2023): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Studi Literatur : Penggunaan Model Analogi dalam Proses Pembelajaran

Andi Prayudi (Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Yapis Dompu)
Fathirma'ruf Fathirma'ruf (Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Yapis Dompu)
Supriyaddin Supriyaddin (Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Yapis Dompu)
Arifin Arifin (Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Yapis Dompu)
Jama'ah Jama'ah (Program Studi Pendidikan Sejarah, STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan 4 (empat) literatur dari berbagai pendekatan diantaranya ialah Kualitatif, Kuantitaif, experiment, dan Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang berupa studi kepustakaan (library research) atau studi literatur. Hasil dari keempat pendekatan literatur dapat dilihat bahwa peneliti-peneliti bertujuan untuk memanfaatkan metode berbasis analogi untuk memudahkan peserta didik ataupun mahasiswa dalam menalar sebuah materi yang abstrak kebentuk nyata sehingga peserta didik ataupun mahasiswa tidak bingung dalam menerima materi yang bersifat abstrak. Metode berbasis analogi ini lebih diperuntukkan kepada mata pelajaran atau matakuliah yang di dalamnya memiliki unsur-unsur kreatifitas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...