JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK PADA ASPEK LITERASI ANAK USIA DINI

Nur Alim Amri (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nurzil Amri (IAIN Kendari)
Hajerah (UNM Makassar)
Usman (STAI Al-Gazali Bulukumba)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian yaitu bagaimana mengembangkan media pembelajaran busy book yang layak digunakan anak didik pada pengembangan literasi anak usia dini? Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran busy book yang layak digunakan dalam pengembangan literasi anak usia dini. Aspek pengembangan literasi merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikuasai oleh anak sejak dini sebagai salah satu bentuk pengembangan kognitif pada anak usia dini. Alasan tersebut menjadi pertimbangan untuk merancang media pembelajaran yang menarik bagi anak salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran busy book. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan 4 tahapan yaitu, define, design, development, dan dessiminate. Kelayakan media pembelajaran busy book diperoleh dari dua ahli yang berposisi sebagai validator yang masing-masing sebagai ahli media dan ahli materi. Hasil yang diperoleh dari ahli media memberikan hasil kategori sangat layak dengan persentase 90% dan ketegori sangat layak pada ahli materi dengan persentase 93%. Sedangkan hasil tanggapan para pendidik sebagai pengguna memberikan persentase 90% dengan kategori sangat layak digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran busy book yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran pada pengembangan aspek numerasi anak usia dini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...