AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2023)

EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL NHT BERBANTUAN SEMPOA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

Endar Chrisdiyanto (Universitas Negeri Yogyakarta)
Syukrul Hamdi (Universitas Negeri Yogyakarta)
Jailani Jailani (Universitas Negeri Yogyakarta)
Marfu'ah Nur Cahyanti (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Peningkatkan hasil belajar merupakan salah satu indikator dalam menentukan keberhasilan siswa. Hasil belajar merupakan hasil pencapaian dari pemilihan model pembelajaran yang digunakan. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar dan mencapai tujuan pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran inovatif. Pendekatan pembelajaran inovarif yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu problem based learning (PBL) dan numbered head together (NHT) dengan media pembelajaran menggunakan sempoa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk megetahui efektivitas pendekatan PBL dengan model NHT berbantuan sempoa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan subjek siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Muhammadiyah Boarding School Klaten yang berjumlah 37 siswa pada semester genap dan dengan desain penelitian menggunakan non-equivalent control grup design. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan pendekatan PBL dengan model NHT berbantuan sempoa sebesar 84,2 dan kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional sebesar 69,73. Hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan uji t didapatkan nilai t hitung lebih besar daripada t tabel yang artinya bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PBL dengan model pembelajaran NHT berbantuan sempoa efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...