All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 3, No 1: Maret 2023

Upaya Guru PAI Melakukan Refleksi Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Belajar Mandiri

Maulana, Ahmad (Unknown)
Rasyid, Ahmad (Unknown)
Hasibuan, Fachri Husaini (Unknown)
Siahaan, Amiruddin (Unknown)
Amiruddin, Amiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pendidik melakukan refleksi diri setelah pembelajaran sehingga pola yang sama terulang terus menerus, walaupun datar bahkan memiliki motivasi untuk mengikuti pembelajaran, seperti pembelajaran agama pada mata kuliah PAI. Sejalan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan refleksi diri seorang pendidik yang tercantum dalam Kurikulum Belajar Mandiri dan memperkenalkan pembelajaran diferensiasi yang memberikan pola berbeda yang bermaksud memberikan perlakuan yang sesuai dengan potensi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data dan mempelajari sumber literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemerintah lebih memperhatikan dunia pendidikan dengan mengubah kurikulum yaitu kurikulum belajar mandiri,Kata Kunci: Refleksi Diri, Pembelajaran Diferensiasi, kurikulum pembelajaran Mandiri.

Copyrights © 2023