JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol 7, No 2: Maret 2023

PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Sulkipli M (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG)
Arief Hasjaya (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG)
Rizky Ekawaty Ahmad (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2023

Abstract

Abstrak : Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap hasil belajar IPA Siswa di kelas V SDN 45 Talaga Kecamatan Enrekang. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimen design yaitu one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 45 Talaga Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang tahun pelajaran 2020/2021. Populasi tersebut berjumlah 132 siswa sedangkan sampel penelitian ini yaitu semua siswa kelas V berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan setelah mengimplementasikan pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 45 Talaga Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang dengan nilai rata-rata antara kelas eksperimen pretest dan posttest memiliki perbedaan, sebelum diberi perlakuan yaitu dengan rata-rata sebesar 62,3 dan setelah diberi perlakuan yaitu dengan nilai rata-rata 84,6. Kata Kunci:  Pembelajaran Kolaboratif, Lesson Study, Hasil Belajar IPA

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...