PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 6 No. 02 (2023): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Teknik Ecoprint

Syarifah Wilda Dwi Putri1 (Unknown)
Heldanita, Heldanita (Unknown)
Welli Marlisa (Unknown)
Zuhairansyah Arifin (Unknown)
Nurhayati (Unknown)
Sariah (Unknown)
Dewi Sri Suryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas pada diri anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan teknik ecoprint. Penelitian ini dilaksanakan dengan penelitian eksperimen dan dianalisis secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah; anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, yang terjadi anak selalu bertanya tentang apa yang dia lihat pada saat menjelajahi lingkungan di sekitar sekolah. Berdasarkan pengujian posttest diperoleh rata-rata eksperimen dan kelas kontrol secara numerik menunjukan perbedaan kelas eksperimen yang memilikin rata-rata 73,75 dan kelas kontrol 58,125. Hal ini menunjukan bahwa anak yang belajar dengan menggunakan teknik ecoprint memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dalam mengembangkan kreativitas dibandingkan kelas kontrol dan data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen dengan menggunakan uji-t maka diperoleh thitung = 1,895 ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,743 maka 1,895> 1,743 atau thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat ditunjukkan bahwa Penggunaan Teknik Ecoprint ini dapat Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Humairoh Pusat Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paud-lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

PAUD Lectura is a journal published by PG-PAUD FKIP Lancang Kuning University. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in October and April. The ...