IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 2, No 2 (2022): IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat

Pelatihan Penggunaan Verbal Positive Reinforcement dalam Pembelajaran pada Kelompok Guru di Kabupaten Polman Sulawesi Barat

Hasmawati Hasmawati (Universitas Negeri Makassar)
Yusri Yusri (Universitas Negeri Makassar)
Maman A Majid Binfas (Universitas Negeri Makassar)
Mantasiah R. (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Abstrak. Kegiatan ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang bermitra dengan Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) PERGIS Bonde, Kecamatan Campalagian Kabupaten POLMAN. Permasalahannya adalah selama pelaksaanaan School from Home, banyak siswa mengeluh bahwa mereka mulai jenuh belajar di rumah, siswa selalu mendapatkan banyak tugas dari guru, serta instruksi yang kurang jelas yang diberikan guru kepada siswa terkait tugas-tugas yang diberikan. Hasilnya adalah siswa mengalami stress dan hasil belajarnya jauh dari kategori memuaskan selama menjalani School from Home. Metode yang digunakan adalah adalah perecanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi serta pendampingan. Hasil yang dicapai adalah: (1) Guru dapat memahami maksud dan tujuan serta jenis-jenis verbal positive reinforcement; (2) Guru mampu mengembangkan dan menerapkan berbagai jenis verbal positive reinforcement dalam pembelajaran. Kata Kunci: Verbal Positive Reinforcement, Pembelajaraan, Stres Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IPTEK

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...