Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2023)

Modul Matematika Berorientasi Pemecahan Masalah Polya Pada Kelas V Sekolah Dasar

Yunita Putri Megawati (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Muflikhul khaq (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Arum Ratnaningsih (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2023

Abstract

Dalam pembelajaran  matematika, pemecahan masalah merupakan kemampuan yang penting dimiliki siswa. Namun kenyataanya, banyak siswa masih belum mampu memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika sebagai media pembelajaran yang layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model 4D. Model 4D merupakan kepanjangan dari define, design, development, dissemination yang adaptasi dari Thiagrajan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan angket begitupun dengan Instrumen menggunakan instrument observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini menghasilkan modul matematika berbasis teori Polya materi debit dan kecepatan untuk kelas V Sekolah Dasar yang  dinyatakan layak. Kelayakan modul ini dilihat dari kriteria valid dengan nilai rata-rata 3,6 berdasarkan aspek media dan materi. Berdasarkan respon siswa, modul ini mendapatkan nilai rata-rata 3,7 dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil tersebut, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah modul matematika berbasis teori Polya materi debit dan kecepatan untuk kelas V SD layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...