Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sistem tata surya, dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains peserta didik yang menggunakan media mobile learning berbasis website dan tanpa menggunakan media mobile learning berbasis website. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas VII di salah satu SMP Kota Tegal dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling yang berjumlah 31 peserta didik di kelas eksperimen dengan menggunakan media mobile learning berbasis website dan 30 peserta didik di kelas kontrol tanpa menggunakan media mobile learning berbasis website. Penelitian ini memperoleh nilai signifikansi uji paired sample t-test sebesar 0,000 < 0,005 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara media pembelajaran mobile learning berbasis website dengan kemampuan literasi sains dan untuk uji n-gain diperoleh mean persentase kelas ekperimen dan kelas kontrol sebesar 71,49% dan 65,24% artinya pada kelas eksperimen berpengaruh menggunakan media mobile learning berbasis website dibandingkan kelas kontrol tanpa menggunakan media mobile learning berbasis website.
Copyrights © 2023