JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 12, No 2: December 2021

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBASIS LITERASI MATEMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SE-GUGUS II

Gusnawati B (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Agustan S (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sulfasyah Sulfasyah (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Abstact :The Effect of Problem Based Instruction (PBI) Learning Model Based on  Mathematical Literacy in Mathematics Learning on Critical Thinking Skills in Mathematics Learning for Class IV Students in Cluster II. The purpose of the study was to determine the effect of the Problem Based Instruction (PBI) learning model based on mathematical literacy on the critical thinking skills of fourth grade students of SD Negeri Tamalanrea Makassar. This research is a quantitative research with a quasi-experimental design research type. The population in this study were all fourth grade students of SD Negeri Tamalanrea. This study involved 25 students as the research sample with a simple random sampling technique (Simple Random Sampling). So that the sample in this study is class IV A as the control class. The data collection technique in this study is a test technique by giving six items of description. This research was conducted by giving a pretest as a result of initial critical thinking skills before being given treatment and at the end of the meeting given a post-test as a result of giving treatment. Furthermore, the data obtained were analyzed using the SPSS v.22 application by looking for the results of the normality test, homogeneity test, N-Gain test and finally the Paired Sample Test to test the hypothesis.Keywords: Problem Based Instruction (PBI), Mathematical Literacy Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Berbasis Literasi Matematika Pembelajaran Matematika Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV Se-Gugus II. Tujuan penelitian adalah mengetahui Pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbasis literasi matematika terhadap keterampilan berpikir kritis pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Tamalanrea. Penelitian ini melibatkan 25 siswa sebagai sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (Simple Random Sampling). Sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik tes dengan memberikan enam butir soal uraian. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pretest sebagai hasil keterampilan berpikir kritis awal sebelum diberikan perlakuan dan diakhir pertemuan diberikan post-test sebagai hasil dari pemberian perlakuan. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS v.22 dengan mencari hasil dari uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan terakhir uji Paired Sample Test untuk menguji hipotesisKata Kunci: Problem Based Instruction (PBI), Literasi Matematika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...