Dalam beberapa tahun terakhir, city branding yang cerdas (smart branding) telah menjadi penting dalam pertumbuhan ekonomi kota-kota di seluruh dunia. Kota Malang, sebagai salah satu kota terbesar di Jawa Timur, Indonesia, telah mengadopsi konsep smart branding untuk membentuk identitas dan persepsi lokal yang kuat. Smart branding merupakan pendekatan strategis yang mengintegrasikan teknologi inovatif, keterlibatan masyarakat, dan praktik pembangunan berkelanjutan. Kota Malang memperlihatkan komitmen dalam membangun citra yang unik dengan memanfaatkan keberlanjutan dan keunggulan budaya. Studi ini membahas penerapan smart branding di Kota Malang melalui beberapa program dan inisiatif. Selain itu metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kualitatif untuk memahami potensi smart branding Kota Malang. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan data dari Pemerintah Daerah Kota Malang dan menganalisis dokumen perencanaan Kota Malang. Hasil studi ini menggambarkan eksistensi dan keberhasilan smart branding di Kota Malang melalui program-program yang telah dilaksanakan. Lebih lanjut adanya beberapa strategi smart branding yang telah berhasil diimplementasikan di Kota Malang, seperti Malang City Tour (MACITO), Malang Creative Center (MCC), Malang Creative City EKRAF Malang, dan aplikasi Info Turis Malang. Strategi-strategi ini telah membantu mengubah citra kota dan memperkuat identitas kota sebagai pusat pariwisata yang berkembang, dinamis, dan kreatif.
Copyrights © 2023