Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 3, No 4 (2022): Desember 2022

PENGEMBANGAN BARUDA MENGGUNAKAN KODULAR UNTUK PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP

Ria Nur Fitriani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Maman Fathurrohman (Unknown)
Isna Rafianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui penilaian dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap baruda menggunakan kodular untuk pembelajaran dengan pendekatan problem solving pada materi bangun ruang sisi datar SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan prosedur pengembangan Tessmer. Instrumen yang digunakan berupa skala likert dengan lima pilihan yang digunakan untuk mengetahui kevalidan serta respon siswa dan guru. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dari ahli media, ahli pendidikan, guru matematika dan siswa. Hasil penelitian ini berupa : 1) Pengembangan baruda menggunakan kodular untuk pembelajaran dengan pendekatan problem solving pada materi bangun ruang sisi datar SMP. 2) Penilaian Kevalidan aplikasi baruda memperoleh persentase 77% dari ahli media dan 84% dari ahli pendidikan sehingga baruda dalam kriteria cukup valid. 3) Penilaian respon guru matematika memperoleh persentase 90% atau sangat baik. Sedangkan respon siswa pada tahap one-to-one memperoleh 87% serta pada tahap small group dan field test memperoleh  84% atau sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...