Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Vol. 19 No. 1 (2023): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan

Strategi Digitalisasi Pada UMKM Di Bidang Kuliner Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Tasikmalaya

Irly Artiara Irawan (Manajemen, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Indonesia)
Ghaling Achmad Abdul Ghonisyah (Manajemen, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 May 2023

Abstract

UMKM merupakan salah satu aspek yang terdampak akan pada saat pandemi Covid-19. Padasaat pandemi ini terjadi beberapa masalah untuk UMKM dibidang kuliner diantaranya kesulitan pemasaran,kesulitan keuangan, kendala keterbatasan SDM, bahan baku dan keterbatasan teknologi. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat informasi baru tentang tingkat efektifitasdan perkembangan digital yang digunakan oleh UMKM selama pandemi Covid-19. Metode penelitiankomparatif, di mana variabel yang diteliti merupakan variabel mandiri tetapi untuk sampel yang digunakanlebih dari satu atau diukur pada waktu yang berbeda. Kuesioner disebar melalui Google Form dengan totalresponden sejumlah 100 yang terpilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa snowballdan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa terdapat perbedaan efektivitas pra danpasca UMKM bidang kuliner menggunakan strategi digitalisasi saat pandemi covid-19, hal ini dapat dilihatdari hasil rata-rata penggunaan strategi digitalisasi pada saat pandemic covid-19. Pada penelitian ini dapatdilihat adanya hubungan dan pengaruh efektivitas pada saat pra dan pasca menggunakan strategidigitalisasi. Pengaruhnya tersebut ialah terjadinya peningkatan penggunaan strategi digitalaisasi yangmenjadikan efektifitas UMKM kuliner di Kota Tasikmalaya pada saat pandemi sebesar 51.24%. Selamapandemi covid-19, UMKM di bidang kuliner secara tidak langsung dituntut untuk bisa memanfaatkanteknologi, agar usahanya tetap berjalan. Dengan segala pembatasan ruang gerak secara tatap muka,UMKM di bidang kuliner menggunakan strategi digitalisasi untuk mengembangkan usahanya. Terdapatpeningkatan efektifitas dan perkembangan digital yang digunakan UMKM dibidang kuliner diKota Tasikmalaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Topics covered include: Government policy on entrepreneurship Entrepreneurship in ethnic enclaves Self-employment among immigrants Entrepreneurship among minority groups Indigenous entrepreneurship Gender and entrepreneurship Entrepreneurship in developing and transitional countries Entrepreneurship ...